Monday, October 27, 2014

Implementasi Inter VLAN Routing

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara konfigurasi VLAN dengan menggunakan VTP sehingga konfigurasi vlan diatas secara manual hanya dilakukan pada Switch 1. Dengan menggunakan VTP membership VLAN akan ditransmisikan ke Switch 2. Namun untuk menerapkan VLAN pada Switch tetap dilakukan secara manual.
Skema VLAN



Masukkan Command diatas pada Switch1



Kemudian Masukkan command diatas ini pada Switch 0

Setelah melakukan konfigurasi diatas,  lakukan verifikasi konfigurasi menggunakan command seperti dibawah ini pada Switch 1 :


Namun ketika memverifikasi pada Switch 0 belum ada VLAN membership


Selanjutnya adalah mengimplementasikan VLAN Trunking Protocol (VTP)
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar VTP berhasil dikonfigurasi :
  1. Tetapkan Switch 1 sebagai VTP Server
  2. Tetapkan Switch 0 sebagai VTP Client
  3. Domain dan password dari VTP Server dan VTP Client harus sama
  4. Konfigurasi link antar switch sebagai mode Trunk.
Berikut adalah step by step dari masing - masing switch :






Konfigurasi berhasil jika VLAN Membership telah terpropagasi dari Switch 1 ke Switch 0. Untuk cara menverifikasinya menggunakan perintah dibawah ini pada Switch 0 :

Namun dapat dilihat diatas bahwa VLAN belum diterapkan ke interface yang dibutuhkan. Dengan perintah dibawah ini terapkan VLAN pada interface Switch 0 :

PC Client Test Connection 
Sekarang sudah dapat melakukan test koneksi dengan melakukan Ping antar PC Client yang memiliki VLAN yang sama dan Subnet yang sama, Pada pengujian kali ini dilakukan Ping dari PC1 ke PC 0.


Sampai disini untuk Ping ke sesama VLAN sudah bisa, namun untuk Ping ke berbeda VLAN masih belum bisa dilakukan.

Implementasi Inter VLAN Routing
Agar PC Client yang berbeda VLAN dan Subnet dapat berkomunikasi satu sama lain, maka kita dapat menggunakan teknologi inter-vlan-routing sehingga komunikasi ini dapat terwujud. Proses routing antar VLAN dapat dilakukan oleh Router dengan menciptakan Sub-Interface pada Router dan menerapkan enkapsulasi VLAN yang bersesuaian dengan VLAN akses. Dibawah ini adalah step by step konfigurasinya :









Seting Ip address PC seperti dibawah ini :


Jika sudah, coba untuk Ping dari PC 1 ke PC 3. Jika Bisa melakukan Ping dari PC1 ke PC3 berarti Setting telah berhasil dilakukan dengan baik tanpa ada masalah.


0 comments:

Post a Comment