Friday, November 4, 2011

KESENJANGAN SOSIAL DI DALAM MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN PRIBADI MANUSIA


Konflik yang terjadi di masyarakat selama ini banyak disebabkan adanya kesenjangan sosial, baik terkait ekonomi, hukum mau pun sosial politik. konflik yang dilatarbelakangi kesenjangan sosial itu dapat dilihat dari sejumlah peristiwa di tanah air.

Kita ambil contoh saja saat terjadi kerusuhan tahun 1998 , yang berakhir dengan lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan. Hal ini menunjukkan bahwa pribadi masyarakat pada umumnya menginginkan suatu keadilan, dan menuntut adanya keadilan bagi mereka.

secara objektif, kesenjangan itu juga disebabkan adanya keunggulan di bidang sumber daya, akumulasi modal dan penguasaan teknologi di kalangan etnis Tionghoa.
Namun dalam pandangan masyarakat, kesenjangan itu juga muncul karena adanya peranan pemerintah dengan memberikan berbagai kemudahan sehingga memunculkan potensi konflik.

Ketika potensi kekuasaan pemerintah dinilai lemah, masyarakat yang telah lama menyimpan kekesalan terhadap kesenjangan itu menjadi “meledak” sehingga mudah untuk melakukan kerusuhan.

Karena itu, pemerintah diharapkan dapat mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengurangi kesenjangan tersebut guna meredam potensi konflik yang ada di masyarakat.

Hal itu perlu disikapi karena dalam analisa yang lebih mendalam, tidak jarang kesenjangan tersebut muncul disebabkan adanya “peranan” pemerintah melalui pemberlakuan kebijakan yang kurang adil.

0 comments:

Post a Comment